ARTIKEL TENTANG
PERKULIAHAN MATA KULIAH DASAR DASAR MULTIMEDIA
Bersama Dosen Pengampu : Bapak DR. H. Hudiana
Hernawan, M.S
DESKRIPSI Multimedia adalah penggabungan beberapa buah media yang
berlainan dalam sebuah program interaktif. Matakuliah ini memberi pengenalan tentang
berbagai jenis media (teks, gambar,
audio, dan video serta
Animasi ), definisi beserta
karakteristiknya, cara penyimpanan, dan
manipulasinya
TUJUAN Setelah menyelesaikan matakuliah ini, diharapkan mahasiswa
akan:
1 Mampu mengenali berbagai format
media dan karakteristiknya,
2 Mampu mengkombinasikan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif
3 Memiliki
pengetahuan dasar mengenai tools perangkat lunak,
maupun bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk
merancang aplikasi multimedia yang efektif
dan interaktif.
JADWAL Perkuliahan : Jum’at pukul : 09.40 – 11.20
MATERI DASAR DASAR MULTIMEDIA
Secara garis Besar :
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar,
suara, animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna computer. Ada
dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia interaktif
(dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan fasilitas
untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang tersedia. Dan
apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen
terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive
Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah
media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari
pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan
multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna
diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan.
Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah multimedia
disebut Multimedia Developer.
Tujuan
Dasar Multimedia
Pemanfaatan
multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
·
Meningkatkan efektifitas penyampaian
informasi
·
Mendorong partisipasi, eksploitasi dan
interaksi pemakai
·
Merancang panca indra, karena bersifat
visual
·
Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen
– elemen Multimedia
Sebuah
multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang mampu
menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen
– elemen tersebut antara lain :
1.
Teks
Teks
merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain
itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam
sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain
text, rich format text, dan hyper text. Plain
Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.
·
Plain text tidak
terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
·
Rich format text merupakan
sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu
menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain.
·
Hypertext,
biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non
linear, contohnya adalah HTML dan XML
2. Animasi
Animasi
adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara
cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar
yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3.
Grafik
Grafik
sangat baik dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa
kurva, foto, hasil scanner maupun bentuk gambar lain baik dua
dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan pembentukkaannya, jenis grafik
terbagi dua macam yaitu
·
Grafik Bitmap
Bitmap disusun
sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna.
Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna.
Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit.
Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar karena
grafik disimpan per pixel.
·
Grafik Vektor
Grafik vektor
dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk menampilkan
grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua dimensi (persegi,
elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran ,
ketebalan dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam
penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar (zooming) , vektor tidak
mengalami perubahan kehalusan grafik.
4.
Gambar
Gambar
merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non
teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar
terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract
image.
·
Visible image : gambar
yang terlihat seperti lukisan , foto
·
Non visible image : suatu
objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti
pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
·
Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang
berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan
suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang
tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun
teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu
tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik
dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI
dan WAVE.
MIDI
( Musical Instrument Digital Interface) merupakan jenis format
suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak
dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara
manusia, suara tetesa air dan lain-lain
WAVE
merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan
memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun
suara dari manusia.
6.
Video
Video
seperti layaknya animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari adegan
dunia nyata yang direkam secara langsung. Dalam video terkandung juga
elemen multimedia lainnya seperti gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan
elemen lainnya , video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep
Dasar Warna dalam Multimedia
·
RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model
warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam
tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan
fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna
latar belakang komputer adalah hitam.
·
CMYK ( Cyan Maggenta Yellow
Key)
CMYK (adalah kependekan
dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam),
dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan
mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering
dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk
menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap
tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak
yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari
singkatan tersebut.
·
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki
banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis,
multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kreatif untuk menarik konsumen.
Selain itu dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan
mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
Bidang
Kesehatan dan Kedokteran
Dengan
multimedia dokter dapat menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien
lewat detak jantung, aliran darah, permukaan paru-paru melalui tampilan
monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh manusia dapat
ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek yang sangat kecil
(berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang terhubung ke komputer.
Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan multimedia antara lain
menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan
obat-obatan.
Multimedia
sangat membantu dalam dunia pendidikan dikarenakan beberapa hal berikut :
·
Multimedia dapat menampilkan objek
biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
·
Multimedia dapat menampilkan objek yang
sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran
tinggi dan lainnya.
·
Multimedia dapat menampilan animasi dari
objek yang bergerak.
·
Multimedia dapat menambah daya tarik
siswa untuk mengamati berbagai objek.
Oleh karena hal-hal
tersebut, keuntungan dan manfaat multimedia di bidang pendidikan cukup banyak
antara lain :
1.
Multimedia dapat membantu siswa dalam
mengingat dan mengerti pelajaran.
2.
Multimedia menyampaikan isi
pelajaran dengan canggih dan berkesan.
3.
Multimedia dapat menampilkan dan
memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang
objek-objek yang sulit kepada siswa.
4.
Multimedia mampu menunjukkan dunia
sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
5.
Multimedia dapat membuat siswa menjadi
tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses belajar siswa tidak
membosankan.
6.
Multimedia dapat membuat terjadinya
interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
7.
Multimedia memberi peluang kepada guru
untuk mengubah kaidah pengajaran.
8.
Multimedia dapat membuat siswa menjadi
lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Bidang Bisnis
Multimedia
mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis karena dapat digunakan sebagai
alat promosi. Dengan promosi yang inovatif , kreatif dan interaktif ,
daya saing sebuah produk menjadi lebih tinggi. Multimedia memiliki
kelebihan untuk menarik indera dan minat, karena merupakan gabungan antara
pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan
efektif dengan penampilkan sebuah iklan yang menarik dan mudah dimengerti.
Selain itu, multimedia juga digunakan dalam menampilkan grafik dan angka
perkembangan saham, jangkauan pemasaran , data rahasia perusahaann dan
informasi mengenai klien bisnis.
Bidang
Teknik
Di
bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software
simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan
objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik
industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang elektro, multimedia dapat
menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan
hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan
matematis.
Bidang
Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam
matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk
modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau makhluk hidup) yang baru
ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk diteliti dan
dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan mempelajari tekstur,
ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia berupa gambar, animasi
dan bahkan suara.
Bidang
Seni dan Hiburan
Multimedia
banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan
efek khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga
dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk
mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari-hari multimedia
dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player dan MP3/MP4 player yang
dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita
yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi
gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
Bidang
Tranportasi dan Komunikasi
Di
bidang Tranportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi
sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat
ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor
sistem navigasi. Sementara di darat, jalur kereta serta pergerakan kereta
dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor di ruang kendali pusat. Selain
itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui kondisi jalan dan posisi kita
berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global Positioning System).
GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada
ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan
kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu
menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi yang didapat
dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia
dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk mempermudah manusia bertukar
informasi. berbagai macam objek dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan
melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek multimedia dapat dikirim dengan cepat
dan mudah melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel
berbasisandroid sangat mudah dalam pengiriman pesan multimedia.
·
Multimedia Dalam
Dunia Pendidikan
Pada artikel sebelumnya
telah dijelaskan secara singkat mengenai pemanfaatan
multimedia di berbagai bidang. Sama seperti pada artikel
sebelumnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai pemanfaatan multimedia namun
akan lebih fokus terhadap dunia pendidikan. Perkembangan yang serba pesat
menjadikan multimedia sebagai alat penunjang untuk proses pembelajaran dan
pendidikan bagi murid maupun pengajar. Keberadaan multimedia sangat membantu
dunia pendidikan karena dapat menjadikan hal-hal yang rumit untuk dipelajari
menjadi hal yang dekat, menarik dan mudah dimengerti.
Tujuan
dasar penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran antara lain untuk
menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan
sikap) serta dapat merangsang piliran,
perasaan, perhatian dan kemauan yang
belajar sehingga secara sengaja proses belajar
terjadi, bertujuan dan terkendali.
A.
Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Manfaat
multimedia di dalam proses pembelajaran secara umum adalah dapat
menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar,
meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang
rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan
efektif.
Berikut
adalah faktor-faktor keunggulan multimedia sebagai alat
pembelajaran :
·
Dapat menampilkan secara visual baik
dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan
tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro
organisme, sel dan lain-lain.
·
Dapat menampilkan secara visual dan
audio dalam bentuk animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan
jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain)
dan benda luar angkasa (planet,satelit).
·
Dapat menyajikan benda atau
peristiwa yang kompleks, rumit dan
berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem
tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin,
beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan
lain-lain.
·
Dapat menyajikan bentuk animasi dan
simulasi dari benda atau peristiwa yang
berbahaya, seperti bencana alam (gempa, gunung berapi) dan
peristiwa perang.
·
Dapat menyajikan berbagai simulasi yang
rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila
disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
B. Karakteristik dan
Fungsi Multimedia Pembelajaran
Karakteristik
multimedia pembelajaran adalah:
1.
Memilik lebih dari satu elemen
multimediayang konvergen,misalnya menggabungkan elemen teks,
grafik dan audio.
2.
Bersifat interaktif, dalam
pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi
respon pengguna.
3.
Bersifat mandiri, dalam
pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan
isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa
menggunakan tanpa bimbingan oran lain.
Selain memenuhi
ketiga karakteristik tersebut, multimedia
pembelajaran sebaiknya memiliki fungsi-fungsi sebagai
berikut:
1.
Mampu merangsang respon
siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
2.
Mampu memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan
belajarnya sendiri.
3.
Memperhatikan bahwa siswa
mengikuti suatu urutan yang koheren dan
terkendalikan.
4.
Mampu memberikan kesempatan
pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan,
keputusan, percobaan dan lain-lain.
Dengan menciptakan
suasana belajar yang menyenangkan, menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih
mudah mengerti, mengingat dan memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa
siswa akan lebih cepat dalam menerima materi apabila tercipta suasana yang
menyenangkan karena suatu yang menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di
memori seseorang.
C.
Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan
1.
Teks
Bentuk
teks sangat efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan secara verbal,
merangsang daya kognitif. Biasanya teks dikombinasikan dengan gambar membentuk
suatu tutorial. Tutorial memberikan materi selayaknya guru atau dosen yang
berisikan materi, konsep dan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
2.
Audio
Audio
sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi yang bersifat mendidik. Pada
dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima pelajaran dari bentuk suara
dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk memancing perhatian,
menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk suasana jadi hidup.
3.Grafis
dan Gambar
Bentuk
gambar dan grafik lebih mudah dalam mengklasifikasi dan
mengidentifikasi objek. Gambar membantu menjelaskan konsep
abstrak menjadi konkret.
4.
Animasi
Dengan
animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami
dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi, eksperiment atau prosedur.
Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit
diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses pembelahan sel, proses
kimiawi dan lain-lainnya.
5.
Video
Melalui
video , siswa mampu mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena
atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada
bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit
diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu
menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis
suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
D.
Keuntungan Multimedia Bidang Pendidikan
1.
Materi pelajaran yang abstrak menjadi
lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan
pengajar.
2.
Multimedia dapat mengatasi kendala ruang
dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di
rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
3.
Materi pelajaran yang disajikan akan
memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang
menarik dan menyenangkan.
4.
Multimedia dapat menciptakan suasana
yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
5.
Pengunaan multimedia yang tepat akan
dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.
·
Multimedia Dalam Aplikasi Umum
Pengaruh multimedia
sangat besar dan berkembang secara pesat di masyarakat umum. Hal ini
dikarenakan kemudahan yang ditawarkan multimedia pada semua bidang kehidupan
manusia. Dengan multimedia, informasi yang ingin disampaikan akan lebih jelas,
menarik, mudah dan efektif. Selain itu penggunaan multimedia cukup mudah
untuk dipelajari bagi masyarakat awam sekalipun. Jika diamati lebih lanjut,
dewasa ini masyarakat bahkan lebih cerdas dalam mengunakan multimedia.
Kemudahan multimedia membuat masyarakat lebih tertarik menggunakan jasa
internet untuk memasang iklan atau bahkan belanja On-line. Pembeli
tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk mencari barang atau jasa yang
diinginkan. Di bidang pendidikan, guru tidak perlu repot-repot
mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis untuk menjelaskan suatu materi
pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Guru cukup
menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau laptop untuk
memberikan penjelasan melalui gambar, video dan animasi. Mudah dan
menguntungkan bukan?
Kemudahan
informasi yang didapat dari media internet membuat masyarakat lebih memilih
untuk mencari berita dan artikel dari internet. Selain lebih menarik karena
dilengkapi fasilitas multimedia (video, gambar dan animasi), berita yang
didapat dari internet bersifat lebih up to date. Bukan hanya
itu, membaca berita dari internet akan lebih murah dibanding dengan cost yang
dikeluarkan dari membaca koran. Tentunya ini sangat baik dalam meningkatkan
minat baca masyarakat karena wacana atau berita yang disuguhkan tentu jauh
lebih beranimasi dan mudah dimengerti jika dibandingkan dengan wacana dari
media massa. Bisa dibayangkan tentunya mana yang lebih menarik antara
berita yang menyajikan teks dan gambar saja dibandingkan dengan berita yang
menghadirkan teks , gambar, suara, video, simulasi kejadian dan
animasi-animasi cerdas. Tentu dengan bijak masyarakat akan memilih opsi
kedua.
Dibalik
kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari keberadaan multimedia dan internet
tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif inilah yang apabila masyarakat tidak
cerdas untuk menghindarinya akan menimbulkan masalah bagi mereka sendiri.
Beberapa hal negatif yang diakibatkan dari penyalahgunaan multimedia internet
antara lain penipuan,pornografi, perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain.
Tentunya diwajibkan untuk masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan multimedia
dan internet.
Selain
media internet, masyarakat dapat memanfaatkan televisi untuk mendapatkan
informasi dan hiburan. Televisi juga termasuk salah satu alat multimedia,
bukan? Dari televisi masyarakat dapat menikmati berbagai jenis element
multimedia seperti video, gambar , suara dan teks. Dari televisi , masyarakat
dapat menikmati hiburan dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun dengan adanya televisi
terkadang orang menjadi lupa waktu dan mudah terpengaruh akan
cerita-cerita yang ditayangkan. Hal tersebut dapat menyebabkan kebodohan. Sama
seperti halnya televisi, internet pun dapat membuat orang lupa waktu dan
menjadi bodoh.
Multimedia
dan internet , antara keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat
dibutuhkan masyarakat dalam era yang serba cepat dan tepat. Multimedia
dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk iklan , pemasaran, demo produk dan
katalog. untuk lebih jelasnya akan dijajabarkan beberapa aplikasi umum
menggunakan multimedia.
1.
Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan
komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi
dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang
memungkinkan
adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan
adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani
bisnisnya lebih lancar.
2.
Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat
menggunakan tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk
memberikan materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar
mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses
belajar – mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas
simulasi dan E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar
dalam mensimulasikan hal-hal yang sulit.
3.
Rumah
Di rumah banyak media elektronik yang
dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD player,
VDC player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box), dan
komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang
positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga.
Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga (
Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu
pengawasan dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat
umum
Melalui internet dan fasilitas
multimedia , masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum
baik secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain
itu, aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi
seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat
hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk
memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
MATERI MATERI TAMBAHAN
DALAM PERKULIAHAN DASAR DASAR MUTIMEDIA :
1.
Media presentasi Power Point
2.
Aplikasi Format Factory
3.
Aplikasi i-Spring Suite 8
4.
Aplikasi i-Spring Quiz Creator
5.
Aplikasi Wondershare Quiz Creator
TUGAS TUGAS DALAM PEKULIAHAN DASAR DASAR MULTIMEDIA UPLOAD TO BLOG :
1. E-mail Bio Data
2. Artikel Dasar Dasar Multimedia
3. Book Report Audio Dalam Multimedia
4. Video Dalam multimedia
5. Quiz Dasar Dasar Multimedia
6. Multimedia Dalam Pembelajaran Dan Sains
7. Jawaban Uts Dasar Dasar Mutimedia Semester I
Tahun Akademik 2018-2019
8. My NoteBook
9. Teks Pada PowerPoint
10. Menyisipkan Audio Dan Gambar pada Powerpoint
11. Penggunaan Aplikasi Format Factory
12. Membuat Multimedia Interaktif dengan Aplikasi I-Spring Suite 8
13. Membuat soal latihan quiz dengan Aplikasi
Wondershare quiz creator dan Aplikasi i-spring quiz creator
14. Artikel tentang Proses Perkuliahan secara
keseluruhan
EVALUASI PENGAJARAN DOSEN PENGAMPU
Dosen adalah sosok yang memiliki
peran penting dalam kehidupan perkuliahan seorang mahasiswa. Bukan hanya
sebagai penyampai ilmu, tetapi juga penentu nilai kelulusan. Ribuan mahasiswa
di negeri tercinta ini pasti memiliki penilaian yang berbeda-beda terhadap
sosok dosen yang mengajarnya. Namun, saya coba merangkumnya menjadi beberapa
faktor yang paling umum digunakan mahasiswa sebagai parameter untuk penilaian
terhadap dosennya.
Penilaian mahasiswa terhadap dosen
umumnya kiranya bisa dilihat dari tiga faktor, yaitu cara mengajar, pemberian
tugas kuliah, dan pemberian nilai.
- Cara
Mengajar
Cara mengajar seorang dosen atau
dalam disebut juga dengan kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan
salah satu kemampuan yang menurut undang-undang tentang guru dan dosen wajib
dimiliki oleh seorang pendidik. Kompetensi pedagogik dengan kata lain adalah
bagaimana seorang dosen dapat menguasai kelas dan menyampaikan materi dengan
baik. Kompetensi pedagogik bisa dilatih oleh semua orang, termasuk guru maupun
dosen.
Faktor cara mengajar ini menjadi
salah satu poin penilaian mahasiswa terhadap dosen. Kebanyakan mahasiswa
menilai dosen senior lebih mudah dipahami cara mengajarnya daripada dosen muda,
walaupun tidak semua. Mahasiswa akan menilai seorang dosen dari bagaimana ia
berbicara di dalam kelas, bagaimana cara dosen menyampaikan materi dalam kelas,
bagaimana dosen menanggapi pertanyaan mahasiswa, dan hal-hal lain yang
berhubungan dengan cara mengajar dosen tersebut.
Dalam mata kuliah Dasar Dasar
multimedia ini , Bapak Dosen pengampu DR. Hudiana, sudah mengajar dengan
susunan/ urutan pembagian materi sudah baik dan mudah dipahami serta dengan
penggunaan media pembelajaran interaktif yang estetis.
- Tugas
Poin kedua yang menjadi dasar
penilaian mahasiswa adalah tugas perkuliahan. Kebanyakan seorang dosen dibenci
karena alasan ini. Beban tugas kuliah yang sulit dan banyak yang diberikan oleh
seorang dosen dapat membuat dosen tersebut memiliki gelar “dosen killer” dari
para mahasiswa. Gelar ini bukan semata-mata diberikan oleh satu orang mahasiswa
saja, tetapi sudah disepakati oleh satu angkatan atau bahkan satu jurusan.
Pada dasarnya, mahasiswa memahami
mengapa seorang dosen memberikan tugas kuliah yang banyak. Hal itu tidak lain
agar mahasiswa benar-benar belajar dan memahami materi perkuliahan. Namun bagi
para mahasiswa, dosen yang memberi banyak tugas adalah dosen yang tidak
memiliki toleransi. Kebanyakan mahasiswa tidak hanya mengambil satu perkuliahan
dalam satu semester. Sesungguhnya mahasiswa berharap dosen akan memberi sedikit
toleransi setidaknya dengan tidak memberi terlalu banyak tugas kuliah, karena
mereka juga masih harus memikirkan tugas-tugas yang lain.
Tugas mata kuliah Dasar Dasar
multimedia ini , Bapak Dosen pengampu DR. Hudiana memberikan tugas tugas
latihan yang di upload /di posting ke blog, memberikan kepercayaan diri dan
sebagai latihan menulis/menyusun sebuah artikel dari berbagai sumber. Tugas
yang diberikan juga tidak dapat dikerjakan secara asal asalan Karena akan di
evaluasi secara rinci , dan tugas akan diulangi apabila belum memenuhi syarat.
- Nilai
Perkara nilai adalah sesuatu yang
paling sensitif dimata mahasiswa. Jika sudah berbicara tentang nilai, sesulit
apapun seorang dosen dalam memberi tugas pasti akan diusahakan oleh
mahasiswanya. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah karena nilai menjadi
penentu kelulusan. Hal ini juga seringkali dijadikan senjata bagi dosen untuk
melawan mahasiswa-mahasiswa yang suka bolos atau suka seenaknya sendiri di
kelas. Bahkan, bagi beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab, nilai
dijadikan alat untuk mendapatkan apa yang dia inginkan dari mahasiswanya
.
Penilaian
Ada beberapa dosen yang mudah dalam
memberi nilai kepada mahasiswa. Dosen yang seperti ini seringkali menjadi dosen
favorit di kampus. Apalagi jika ditambah cara mengajarnya yang bagus.
Sebaliknya ada dosen yang pelit dalam memberi nilai bagus. Dosen yang seperti
ini biasanya adalah orang yang perfeksionis. Ia menginginkan mahasiswanya
mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya jika ingin lulus. Dosen seperti inilah
yang sukses membuat beberapa mahasiswa terpaksa mengulang mata kuliah yang
sama. Tentu saja, predikatnya menjadi sedikit buruk dimata mahasiswa.
Demikian beberapa faktor yang biasanya dijadikan mahasiswa untuk
menilai sosok dosen di kampus. Namun, hal ini tidak dapat dijadikan sebagai
tolok ukur karena pastinya penilaian antara mahasiswa yang satu dengan yang
lain berbeda-beda.
PENUTUP
Atas nama Pribadi Doni Heryana dan Mahasiswa sekolah Pasca
TekPen “15, mengucapkan Penghargaan setinggi-tingginya serta
Terimakasih khususnya kepada: Bapak Dr. Hudiana Hernawan,M.S,
yang telah berkenan memberikan Perkuliahan Dasar Dasar Multimedia.
Semoga Ilmu yang telah disampaikan, menjadikan
bekal dalam tugas kami sebagai guru dalam membuat media pembelajaran berbasis multimedia
interaktif, sehingga diharapkan terjadi proses belajar mengajar yang
menyenangkan.
Semoga menjadi amal yang baik dan
berkah khususnya kepada Bapak Dosen Pengampu Mata Kuliah Dasar Dasar Multimedia
Bapak DR.H.Hudiana Hernawan, M.S.
Terimakasih
Wassalam
DAFTAR PUSTAKA
MULTIMEDIA. Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. @ 2012, Penerbit Alfabeta, Bandung. Penulis :Munir. Tahun : 2012. Penerbit : Alfabeta, CV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar