Sabtu, 26 Januari 2019

Artikel tentang Perkuliahan Mata Kuliah Dasar Dasar Multimedia


ARTIKEL  TENTANG PERKULIAHAN MATA KULIAH DASAR DASAR MULTIMEDIA

Bersama Dosen Pengampu : Bapak DR. H. Hudiana Hernawan, M.S
DESKRIPSI             Multimedia adalah penggabungan beberapa buah media yang berlainan dalam sebuah program interaktif. Matakuliah ini memberi pengenalan tentang berbagai jenis media (teks, gambar, audio, dan video serta Animasi ), definisi beserta karakteristiknya, cara penyimpanan, dan manipulasinya
TUJUAN                  Setelah menyelesaikan matakuliah ini, diharapkan mahasiswa akan:
1    Mampu mengenali berbagai format media dan karakteristiknya,
2     Mampu mengkombinasikan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif
3     Memiliki pengetahuan dasar mengenai tools perangkat lunak, maupun bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk merancang aplikasi multimedia yang efektif dan interaktif.

JADWAL                  Perkuliahan  :     Jum’at  pukul : 09.40 – 11.20

MATERI DASAR DASAR MULTIMEDIA
Secara garis Besar :
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna computer. Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
·                     Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
·                     Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
·                     Merancang panca indra, karena bersifat visual
·                     Memberikan kemudahan pemakaian.

Elemen – elemen Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain text, rich format text, dan  hyper text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.
·                     Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
·                     Rich format text merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
·                     Hypertext,  biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non linear, contohnya adalah HTML dan XML
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3.  Grafik
Grafik  sangat baik dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi.  Berdasarkan pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu
·                     Grafik Bitmap
Bitmap  disusun sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
·                     Grafik Vektor
Grafik  vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai  dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran , ketebalan  dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar (zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
4. Gambar
Gambar merupakan  suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract image.
·                     Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
·                     Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
·                     Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
MIDI ( Musical Instrument Digital Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air dan lain-lain
WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung.  Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
·                     RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
·                     CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.


·                     Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kreatif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan paru-paru  melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh manusia dapat ditampilkan pada layar monitor.  Selain itu, objek-objek yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan dikarenakan beberapa hal berikut :
·                     Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
·                     Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
·                     Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
·                     Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
Oleh karena hal-hal tersebut, keuntungan dan manfaat multimedia di bidang pendidikan cukup banyak antara lain :
1.                  Multimedia dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
2.                  Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
3.                  Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan  secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
4.                  Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
5.                  Multimedia dapat membuat siswa menjadi tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.
6.                  Multimedia dapat membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
7.                  Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
8.                  Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang inovatif , kreatif  dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi lebih tinggi.  Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran , data rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan matematis.
Bidang Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia berupa gambar, animasi dan bahkan suara.

Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan  efek khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player  dan MP3/MP4  player yang dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi kapal laut  bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem navigasi.  Sementara di darat, jalur kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-TimeGPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digitalInformasi yang didapat dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek multimedia dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel berbasisandroid sangat mudah dalam pengiriman pesan multimedia.

·                     Multimedia Dalam Dunia Pendidikan
Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai pemanfaatan multimedia di berbagai bidang. Sama seperti pada artikel sebelumnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai pemanfaatan multimedia namun akan lebih fokus terhadap dunia pendidikan. Perkembangan yang serba pesat menjadikan multimedia sebagai alat penunjang untuk proses pembelajaran dan pendidikan bagi murid maupun pengajar. Keberadaan multimedia sangat membantu dunia pendidikan karena dapat menjadikan hal-hal yang rumit untuk dipelajari menjadi hal yang dekat, menarik dan mudah dimengerti.
Tujuan dasar penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran antara lain untuk  menyalurkan  pesan  (pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap)  serta  dapat  merangsang  piliran,  perasaan,  perhatian  dan  kemauan  yang  belajar  sehingga  secara  sengaja  proses belajar  terjadi,  bertujuan  dan  terkendali.
A. Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Manfaat multimedia di dalam proses pembelajaran secara umum adalah dapat  menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan efektif.
Berikut adalah  faktor-faktor  keunggulan multimedia sebagai alat pembelajaran :
·                     Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
·                     Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk  animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
·                     Dapat menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dan lain-lain.
·                     Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
·                     Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.



B. Karakteristik dan Fungsi Multimedia Pembelajaran
Karakteristik  multimedia  pembelajaran  adalah:
1.                  Memilik lebih dari satu elemen multimediayang konvergen,misalnya menggabungkan elemen  teks, grafik dan audio.
2.                  Bersifat  interaktif,  dalam  pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.
3.                  Bersifat  mandiri,  dalam  pengertian  memberi  kemudahan  dan  kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.
Selain  memenuhi  ketiga  karakteristik  tersebut,  multimedia  pembelajaran  sebaiknya memiliki  fungsi-fungsi  sebagai  berikut:
1.                  Mampu  merangsang  respon siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
2.                  Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.
3.                  Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.
4.                  Mampu  memberikan  kesempatan  pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang.

C. Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan
1. Teks
Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
2. Audio
Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk suasana jadi hidup.
3.Grafis dan Gambar
Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam mengklasifikasi dan  mengidentifikasi objek. Gambar  membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
4. Animasi
Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi, eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
5. Video
Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu  menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
D. Keuntungan Multimedia Bidang Pendidikan
1.                  Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan pengajar.
2.                  Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
3.                  Materi pelajaran yang disajikan akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang menarik dan menyenangkan.
4.                  Multimedia dapat menciptakan suasana yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
5.                  Pengunaan multimedia yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.
·                     Multimedia Dalam Aplikasi Umum
Pengaruh multimedia sangat besar dan berkembang secara pesat di masyarakat umum. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan multimedia pada semua bidang kehidupan manusia. Dengan multimedia, informasi yang ingin disampaikan akan lebih jelas, menarik,  mudah dan efektif. Selain itu penggunaan multimedia cukup mudah untuk dipelajari bagi masyarakat awam sekalipun. Jika diamati lebih lanjut, dewasa ini masyarakat bahkan lebih cerdas dalam mengunakan multimedia. Kemudahan multimedia membuat masyarakat lebih tertarik menggunakan jasa internet untuk memasang iklan atau bahkan belanja On-line. Pembeli tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk mencari barang atau jasa yang diinginkan. Di bidang pendidikan, guru tidak perlu repot-repot mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis untuk menjelaskan suatu materi pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Guru cukup menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau laptop untuk memberikan penjelasan melalui gambar, video dan animasi. Mudah dan menguntungkan bukan?
Kemudahan informasi yang didapat dari media internet membuat masyarakat lebih memilih untuk mencari berita dan artikel dari internet. Selain lebih menarik karena dilengkapi fasilitas multimedia (video, gambar dan animasi), berita yang didapat dari internet bersifat lebih up to date. Bukan hanya itu, membaca berita dari internet akan lebih murah dibanding dengan cost yang dikeluarkan dari membaca koran. Tentunya ini sangat baik dalam meningkatkan minat baca masyarakat karena wacana atau berita yang disuguhkan tentu jauh lebih beranimasi dan mudah dimengerti jika dibandingkan dengan wacana dari media massa. Bisa dibayangkan tentunya mana yang lebih menarik antara  berita yang menyajikan teks dan gambar saja dibandingkan dengan berita yang menghadirkan teks , gambar, suara,  video, simulasi kejadian dan animasi-animasi cerdas.  Tentu dengan bijak masyarakat akan memilih opsi kedua.
Dibalik kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari keberadaan multimedia dan internet tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif inilah yang apabila masyarakat tidak cerdas untuk menghindarinya akan menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Beberapa hal negatif yang diakibatkan dari penyalahgunaan multimedia internet antara lain penipuan,pornografi, perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain. Tentunya diwajibkan untuk masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan multimedia dan internet.
Selain media internet, masyarakat dapat memanfaatkan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Televisi juga termasuk salah satu alat multimedia, bukan? Dari televisi masyarakat  dapat menikmati berbagai jenis element multimedia seperti video, gambar , suara dan teks. Dari televisi , masyarakat dapat menikmati hiburan dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun dengan adanya televisi terkadang  orang menjadi lupa waktu dan mudah terpengaruh akan cerita-cerita yang ditayangkan. Hal tersebut dapat menyebabkan kebodohan. Sama seperti halnya televisi, internet pun dapat membuat orang lupa waktu dan menjadi bodoh.
Multimedia dan internet , antara keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan masyarakat dalam era yang serba cepat dan tepat. Multimedia dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk iklan , pemasaran, demo produk dan katalog. untuk lebih jelasnya akan dijajabarkan beberapa aplikasi umum menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat menggunakan tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk memberikan materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas simulasi dan E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar dalam mensimulasikan hal-hal yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media elektronik yang dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD player, VDC player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box), dan komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga. Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga ( Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu pengawasan dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat umum
Melalui internet dan fasilitas multimedia , masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum baik secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain itu,  aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
MATERI MATERI TAMBAHAN DALAM PERKULIAHAN DASAR DASAR MUTIMEDIA :
1.      Media presentasi Power Point
2.      Aplikasi Format Factory
3.      Aplikasi i-Spring Suite 8
4.      Aplikasi i-Spring Quiz Creator
5.      Aplikasi Wondershare Quiz Creator

TUGAS TUGAS DALAM PEKULIAHAN DASAR DASAR MULTIMEDIA UPLOAD TO BLOG :
1.      E-mail Bio Data
2.      Artikel Dasar Dasar Multimedia
3.      Book Report Audio Dalam Multimedia
4.      Video Dalam multimedia
5.      Quiz Dasar Dasar Multimedia
6.      Multimedia Dalam Pembelajaran Dan Sains
7.      Jawaban Uts Dasar Dasar Mutimedia Semester I Tahun Akademik 2018-2019
8.      My NoteBook
9.      Teks Pada PowerPoint
10.  Menyisipkan Audio Dan Gambar pada Powerpoint
11.  Penggunaan Aplikasi Format Factory
12.  Membuat Multimedia Interaktif  dengan Aplikasi I-Spring Suite 8
13.  Membuat soal latihan quiz dengan Aplikasi Wondershare quiz creator dan Aplikasi i-spring quiz creator
14.  Artikel tentang Proses Perkuliahan secara keseluruhan

EVALUASI PENGAJARAN DOSEN PENGAMPU

Dosen adalah sosok yang memiliki peran penting dalam kehidupan perkuliahan seorang mahasiswa. Bukan hanya sebagai penyampai ilmu, tetapi juga penentu nilai kelulusan. Ribuan mahasiswa di negeri tercinta ini pasti memiliki penilaian yang berbeda-beda terhadap sosok dosen yang mengajarnya. Namun, saya coba merangkumnya menjadi beberapa faktor yang paling umum digunakan mahasiswa sebagai parameter untuk penilaian terhadap dosennya.
Penilaian mahasiswa terhadap dosen umumnya kiranya bisa dilihat dari tiga faktor, yaitu cara mengajar, pemberian tugas kuliah, dan pemberian nilai.
  1. Cara Mengajar
Cara mengajar seorang dosen atau dalam disebut juga dengan kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang menurut undang-undang tentang guru dan dosen wajib dimiliki oleh seorang pendidik. Kompetensi pedagogik dengan kata lain adalah bagaimana seorang dosen dapat menguasai kelas dan menyampaikan materi dengan baik. Kompetensi pedagogik bisa dilatih oleh semua orang, termasuk guru maupun dosen.
Faktor cara mengajar ini menjadi salah satu poin penilaian mahasiswa terhadap dosen. Kebanyakan mahasiswa menilai dosen senior lebih mudah dipahami cara mengajarnya daripada dosen muda, walaupun tidak semua. Mahasiswa akan menilai seorang dosen dari bagaimana ia berbicara di dalam kelas, bagaimana cara dosen menyampaikan materi dalam kelas, bagaimana dosen menanggapi pertanyaan mahasiswa, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan cara mengajar dosen tersebut.
Dalam mata kuliah Dasar Dasar multimedia ini , Bapak Dosen pengampu DR. Hudiana, sudah mengajar dengan susunan/ urutan pembagian materi sudah baik dan mudah dipahami serta dengan penggunaan media pembelajaran interaktif yang estetis.
  1. Tugas
Poin kedua yang menjadi dasar penilaian mahasiswa adalah tugas perkuliahan. Kebanyakan seorang dosen dibenci karena alasan ini. Beban tugas kuliah yang sulit dan banyak yang diberikan oleh seorang dosen dapat membuat dosen tersebut memiliki gelar “dosen killer” dari para mahasiswa. Gelar ini bukan semata-mata diberikan oleh satu orang mahasiswa saja, tetapi sudah disepakati oleh satu angkatan atau bahkan satu jurusan.
Pada dasarnya, mahasiswa memahami mengapa seorang dosen memberikan tugas kuliah yang banyak. Hal itu tidak lain agar mahasiswa benar-benar belajar dan memahami materi perkuliahan. Namun bagi para mahasiswa, dosen yang memberi banyak tugas adalah dosen yang tidak memiliki toleransi. Kebanyakan mahasiswa tidak hanya mengambil satu perkuliahan dalam satu semester. Sesungguhnya mahasiswa berharap dosen akan memberi sedikit toleransi setidaknya dengan tidak memberi terlalu banyak tugas kuliah, karena mereka juga masih harus memikirkan tugas-tugas yang lain.
Tugas mata kuliah Dasar Dasar multimedia ini , Bapak Dosen pengampu DR. Hudiana memberikan tugas tugas latihan yang di upload /di posting ke blog, memberikan kepercayaan diri dan sebagai latihan menulis/menyusun sebuah artikel dari berbagai sumber. Tugas yang diberikan juga tidak dapat dikerjakan secara asal asalan Karena akan di evaluasi secara rinci , dan tugas akan diulangi apabila belum memenuhi syarat.
  1. Nilai
Perkara nilai adalah sesuatu yang paling sensitif dimata mahasiswa. Jika sudah berbicara tentang nilai, sesulit apapun seorang dosen dalam memberi tugas pasti akan diusahakan oleh mahasiswanya. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah karena nilai menjadi penentu kelulusan. Hal ini juga seringkali dijadikan senjata bagi dosen untuk melawan mahasiswa-mahasiswa yang suka bolos atau suka seenaknya sendiri di kelas. Bahkan, bagi beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab, nilai dijadikan alat untuk mendapatkan apa yang dia inginkan dari mahasiswanya
.
Penilaian
Ada beberapa dosen yang mudah dalam memberi nilai kepada mahasiswa. Dosen yang seperti ini seringkali menjadi dosen favorit di kampus. Apalagi jika ditambah cara mengajarnya yang bagus. Sebaliknya ada dosen yang pelit dalam memberi nilai bagus. Dosen yang seperti ini biasanya adalah orang yang perfeksionis. Ia menginginkan mahasiswanya mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya jika ingin lulus. Dosen seperti inilah yang sukses membuat beberapa mahasiswa terpaksa mengulang mata kuliah yang sama. Tentu saja, predikatnya menjadi sedikit buruk dimata mahasiswa.
Demikian beberapa faktor  yang biasanya dijadikan mahasiswa untuk menilai sosok dosen di kampus. Namun, hal ini tidak dapat dijadikan sebagai tolok ukur karena pastinya penilaian antara mahasiswa yang satu dengan yang lain berbeda-beda.
PENUTUP
Atas nama Pribadi Doni Heryana dan Mahasiswa sekolah Pasca TekPen “15, mengucapkan Penghargaan setinggi-tingginya serta Terimakasih  khususnya kepada:  Bapak Dr. Hudiana Hernawan,M.S, yang telah berkenan memberikan Perkuliahan Dasar Dasar Multimedia.

Semoga Ilmu yang telah disampaikan, menjadikan bekal dalam tugas kami sebagai guru dalam  membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, sehingga diharapkan terjadi proses belajar mengajar yang menyenangkan.
Semoga menjadi amal yang baik dan berkah khususnya kepada Bapak Dosen Pengampu Mata Kuliah Dasar Dasar Multimedia Bapak DR.H.Hudiana Hernawan, M.S.
Terimakasih
Wassalam


DAFTAR PUSTAKA

MULTIMEDIA. Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. @ 2012, Penerbit Alfabeta, Bandung. Penulis :Munir. Tahun : 2012. Penerbit : Alfabeta, CV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar